Pertemuan DirJasKel, PT. Garam dan Koperasi Mutiara Laut Mandiri di Lokasi Gudang Garam Nasional Kab. Pati

Pati, ppbjateng.com – Pertemuan antara Direktur Jasa Kelautan – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), PT. Garam dan Koperasi Mutiara Laut Mandiri dilaksanakan di Gudang Garam Nasional Kabupaten Pati yang terletak di Jalan Pantura Pati – Rembang, Desa Raci, Kecamatan Batangan, pada hari Jumat tanggal 06 Oktober 2017.

Pada pertemuan tersebut, Bapak Abdul dari Jasa Kelautan menyampaikan bahwa swasembada garam yang ditargetkan oleh KKP harus dapat berdampak pada kesejahteraan petambak garam sehingga saat ini juga harus mulai memikirkan bagian hilir seperti penentuan harga, pemasaran dan lain sebagainya, jangan terus-terusan memikirkan bagian hulu (petambak garam) saja. Beliau juga berharap agar gudang garam nasional yang hanya berkapasitas 2000 ton ini dapat terus terjadi perputaran transaksi. Selain itu, beliau juga berharap proses produksi garam tidak hanya memanfaatkan proses evaporasi dari matahari melainkan dapat juga memanfaatkan proses mekanik maupun kimia.

Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan bahwa KKP telah bekerjasama dengan BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) untuk pengelolaan gudang garam nasional dengan cara Sistem Resi Gudang (SRG). Saat ini Koperasi Mutiara Laut Mandiri bekerjasama dengan PT. Garam dalam pengelolaan gudang garam nasional karena KKP mengarahkan agar Koperasi Mutiara Laut Mandiri belajar terlebih dahulu dengan PT. Garam dalam pengelolaan gudang garam yang baik.

Akan tetapi, hingga saat ini pihak dari PT. Garam belum ada yang melakukan pendampingan secara langsung di gudang garam nasional yang ada di Kabupaten Pati. Dari pertemuan tersebut, PT. Garam berjanji akan mulai melakukan pendampingan pada bulan Nopember 2017. Pendampingan yang dilakukan yaitu pengelolaan gudang garam dengan cara Sistem Resi Gudang (SRG).

Kontributor : Kharisma Firdaus L, S.Kel (PPB Kab. Pati)

Share