KANDUNGAN GIZI IKAN NILA DAN MANFAAT BAGI KESEHATAN

A. PENDAHULUAN

 

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ikan nila sendiri sering disebut mirip dengan ikan mujair. Ikan nila memiliki tekstur daging yang mirip seperti ikan mujair dan ikan mas. Sama seperti beberapa jenis ikan yang dikonsumsi, ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak duri. Hal ini terkadang membuat beberapa orang malas mengkonsumsi ikan ini karena durinya.

Biasanya ikan nila diolah menjadi lauk-pauk yang biasa dikonsumsi sehari-hari, seperti : Ikan goreng, pepes ikan nila, tim ikan nila, ikan nila bakar.

Meskipun murah, ikan nila memiliki kandungan gizi yang tidak murahan. Ikan nila memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh anda.

 

B. KANDUNGAN GIZI

 

Ikan nila merupakan jenis ikan vegetarian jadi tidak mengandung merkuri. Selain itu, ikan nila ini mengandung protein yang tinggi.

Cara memasak ikan nila yang paling baik adalah dengan cara dipanggang atau dikukus. Hal ini dilakukan untuk mengurangi lemak total dalam makanan. Cara memasak ikan nila dapat merubah kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

 

Berikut kandungan gizi/komposisi 100 g ikan nila yang telah dimasak.

1. Kalori 128 kkal
2. Protein 26 gr
3. Total Lemak 3 gr
4. Kolesterol 57 mg
5. Selenium 54,40 mcg
6. Vitamin B12 1,86 mcg
7. Niacin 4.74 mg
8. Fosfor 204 mg
9. Kalium 380 mg

 

C. MANFAAT BAGI KESEHATAN

 

  1. Mencerdaskan Otak

Kandungan omega 3 pada ikan nila berperan penting dalam meningkatkan kesehatan sel-sel otak, sehingga membantu tingkat perkembangan kecerdasan anak. Selain omega 3, ikan nila juga mengandung kalium. Yang mana kalium ini berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi oksigenasi pada otak.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Ikan nila juga mengandung fosfor yang membantu menjaga kesehatan tulang. Kebutuhan fosfor yang tercukupi akan meminimalkan resiko terjadinya osteoporosis. Selain itu juga membantu menjaga kekuatan dan kesehatan gigi. Fosfor menguatkan dan mencegah agar gigi tidak rapuh dan berlubang.

  1. Sebagai antioksidan

Apabila anda berpikir bahwa ikan air tawar tidak memiliki kandungan manfaat antioksidan, tentu saja anda salah besar. Ikan nila memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh, walaupun mungkin tidak sebanyak dalam manfaat sayur-sayuran atau buah-buahan. Namun kandungan antioksidan yang terkandung di dalam ikan nila dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

  1. Mencegah penuaan dini

Dengan mengkonsumsi ikan nila secara rutin, akan mencukupi asupan selenium yang mana berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu selenium dan kandungan antioksidan pada nila juga bermanfaat untuk menjaga kerusakan sel dari radikal bebas.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Asam lemak omega 3 iki akan membantu menurunkan resiko serangan jantung, ateroslerosis bahkan stroke. Selain itu kalium yang terkandung dalam ikan nila juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kalium ini berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah.

  1. Mengurangi resiko kanker prostat

Selenium yang terkandung dalam ikan nila ini juga bermanfaat sekali untuk mencegah serta mengurangi resiko terkena kanker prostat. Selenium berfungsi untuk mencegah radikal bebas tersebar pada tubuh.

Radikal bebas yang tidak tersebar pada tubuh akan meminimalkan terjadinya stress oksidatif pada semua sistem organ dan juga mencegah mutasi sel menjadi sel kanker.

 

D. MANFAAT IKAN NILA BERDASARKAN KANDUNGAN GIZINYA

 

  1. Protein

Protein hewani yang terkandung dalam ikan nila dapat menjadi alternatif dari sumber protein lain, seperti dalam manfaat daging merah atau manfaat makanan laut yang notabene harganya jauh lebih tinggi daripada ikan nila. Protein sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, antara lain : meningkatkan masa otot, menjaga ketahanan tubuh,  meningkatkan tenaga dan kekuatan tubuh, meningkatkan stamina tubuh,  menjaga kesehatan otot tubuh.

 

  1. Omega 3

Ikan nila juga memiliki kandungan omega 3. Walaupun kandungan omega 3 yang dimiliki tidak setinggi ikan laut, namun kandungan omega 3 dalam ikan nila ini cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan omega 3 yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat omega 3 sendiri sangat diperlukan bagi tubuh, antara lain : meningkatkan kemampuan kognitif,  menurunkan kadar kolestrol, baik untuk perkembangan otak, baik untuk perkembangan janin ketika dalam masa kandungan

 

  1. Fosfor

Kandungan fosfor yang dimiliki oleh ikan nila ini tentunya sangat berguna bagi tubuh, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan fosfor. Fosfor sendiri bermanfaat untuk : mencegah osteroporosis,  meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang, menguatkan tulang dan gigi

 

  1. Kalium

Kalium yang terkandung di dalam ikan nila juga tidak terlalu tinggi. Namun demikian kalium yang terkandung di dalam ikan nila juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Manfaat dari kalium bagi tubuh sendiri, dapat meningkakan kemampuan kognitif individu

 

  1. Vitamin B12

Salah satu vitamin yang terkandung pada ikan nila adalah vitamin B12. Manfaat vitamin B kompleks di dalam vitamin B12 yang terkandung di dalam ikan nila, memiliki sejumlah manfaat antara lain : Membantu proses pembentukan sel darah merah, membantu proses pemecahan sel – sel tubuh, membantu produksi asam nukleat, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah terjadinya anemia

 

  1. Vitamin B3

Selain vitamin B12, ikan nila juga memiliki kandungan vitamin B lainnya, yaitu Vitamin B3. Vitamin B3 yang terkandung dalam ikan nila ini juga sangatlah penting bagi tubuh. Hal ini dikarenakan, vitamin B3 dapat bermanfaat sebagai : Pengurai energi pada makanan, mencegah terjadinya kram dan kejang pada otot, mencegah gangguan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan ketahanan tubuh

 

  1. Vitamin B5

Vitamin B lain yang terkandung pada  manfaatikan nila adalah vitamin B5. Vitamin B5 ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Salah satu manfaat vitamin B5 yang terkandung pada ikan nila antara lain : Memperlancar proses metabolisme dari karbohidrat, protein dan lemak; mencegah terjadinya insomnia; mencegah kram dan kejang otot; mengurangi terjadinya gangguan emosi; meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh.

 

Sumber : Retno Sutanti, S.T (PPB Kab. Pati)

Share